Lalu, apa yang diharapkan dari mempelajari Sejarah Indonesia?

Hmm,  dengan belajar SI, saya berharap saya bisa tahu kejadian di masa lalu, asal mula terbentuknya sesuatu, asal mula terjadinya sesuatu, alasan mengapa suatu hal dapat terjadi pada saat itu, alasan mengapa orang orang kini melakukan suatu rutinitas, apa yang pernah terjadi di suatu tempat, dan yang paling penting; tahu perjuangan orang orang yang dulu berjuang untuk Indonesia, dan menghormatinya.

Dari hal hal yang dapat saya ketahui tersebut, saya dapat mengambil pelajaran berharga dari situ. Seperti mendapat motivasi dari pahlawan pahlawan yang selalu semangat dalam memerjuangkan Indonesia dan dapat menghindari terjadinya suatu kesalahan yang sama seperti di masa lalu.

Menurutmu, Apa Itu Sejarah?

Presiden pertama kita Ir. Soekarno berkata;

Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah

Apa sih sejarah itu sehingga tidak boleh kita tinggalkan?

Menurut pandangan saya, sejarah itu adalah suatu peristiwa di masa lalu yang harus diketahui oleh manusia di masa kini karena peristiwa tersebut mengandung nilai berharga yang dapat dipetik dan dijadikan panutan manusia masa kini.

Karena dari itulah, Ir. Soekarno berkata bahwa kita tidak boleh meninggalkan sejarah.